~ Arung Jeram / Rafting

Bamboe Organizer merupakan salah satu Provider Outbound di Indonesia dan berpengalaman dalam bidang pelatihan di alam bebas seperti arung jeram serta wisata alam yang mengutamakan keselamatan (safety first).
Setiap program didukung oleh para instruktur yang berpengalaman dan ditunjang dengan peralatan yang memenuhi standar keselamatan internasional.

ARUNG JERAM / RAFTING DI GARUT.
Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Garut memiliki potensi wisata arung jeram yang sangat menantang dengan pemandangan yang sangat indah, tepatnya di dua sungai yaitu Cikandang dan Cimanuk.

Sungai Cikandang
Merupakan sebuah sungai yang sangat menantang untuk diarungi, cocok untuk anda yang memiliki hasrat berpetualang tinggi.Berhulu di kaki gunung papandayan dan bermuara di laut selatan Jawa Barat tepatnya di daerah Cijayana, panjang pengarungan mencapai 28 Km dengan lebar sungai bervariasi antara 5 sampai 8 meter.

Selain kemiringan sungai yang curam sehingga menghasilkan jeram-jeram yang menantang, kelebihan sungai ini ialah kualitas alam termasuk kualitas airnya masih terjaga dengan baik serta debit air hampir tidak terpengaruh oleh musim,
 sehingga pengarungan sungai bisa dilakukan hampir di setiap saat.

Sungai Cimanuk.
Apabila sungai Cikandang dirasa terlalu berat, anda bisa mencoba sungai lain di Garut yaitu sungai Cimanuk. Lokasinya tidak begitu jauh dari kota, hanya sekitar 20 menit menuju tempat start. Walaupun panjang pengarungannya tidak sejauh sungai Cikandang (sekitar 7 s/d 15 Km untuk longtrip, dengan waktu tempuh 3 - 5 Jam), namun untuk jeram-jeram yang ada tidak kalah menantang dibandingkan sungai Cikandang. Terdapat variasi rute start - finish ( short / long trip ) disesuaikan dengan keinginan anda.

TIPS AMAN DAN NYAMAN BER-ARUNG JERAM / RAFTING 

Sebelum pergi ber-arung jeram, tanyalah pada diri sendiri tentang fisik, mental, kemampuan renang dan kesehatan anda. Jika tidak yakin, mengambil beberapa pelajaran berenang dapat membantu, terutama membuat anda familiar berada di air 
(tidak panik apabila terjatuh ke sungai).
Jika Anda memiliki masalah medis, pastikan untuk 
memperoleh izin dari dokter untuk mengikuti kegiatan ini. 


Apabila anda merasa perlu untuk membawa barang pribadi seperti kamera, obat-obatan pribadi, makanan dan lain-lain ke dalam perahu, maka anda memerlukan sebuah tas kering (dry bag), tas ini akan menjaga semua barang anda tetap kering. Casing kamera tahan air juga diperlukan, namun peralatan penunjang seperti obat-obatan yang bersifat umum, dokumentasi, snack dan lain-lain biasanya disediakan oleh operator penyelenggara arung jeram, sehingga anda tidak perlu repot membawanya selama melakukan pengarungan. Banyak membawa barang selama ber-arung jeram juga sangat beresiko. 

Pakailah pakaian pelindung seperti jaket pelampung, helm / pelindung kepala dan dayung dengan ukuran yang tepat.Peralatan pendukung tersebut disediakan oleh operator, periksalah kondisinya sebelum melakukan pengarungan, pastikan semua dalam keadaan baik, apabila ada peralatan dalam keadaan tidak baik, laporkan ke operator untuk dipisahkan dan tidak digunakan. Operator arung jeram akan memberikan pengarahan sebelum pengarungan, perhatikanlah dengan seksama walaupun anda pernah berarung jeram sebelumnya. Pilih rompi pelampung yang pas dan 
 tidak menggangu pergerakan anda ketika mendayung. 

Karena anda akan berada di luar ruangan, mendayung dan kemungkinan tersengat oleh matahari dalam waktu yang cukup panjang, pastikan untuk menjaga diri dengan baik dari dehiderasi / kekurangan cairan tubuh. Minum banyak cairan sebelum, selama, dan setelah perjalanan arung jeram.Dengan semua adrenalin yang ada selama pengarungan, sering kali anda tidak menyadari betapa haus diri anda sebenarnya.  

Pakailah pakaian yang nyaman. Sepatu tenis atau sandal luar ruangan (sandal gunung) yang mengikat di kaki sehingga tidak mudah lepas adalah pilihan yang baik, jangan menggunakan sandal jepit.Selama pengarungan sangat mungkin anda terjatuh ke sungai sehingga pilihlah pakaian yang mudah kering, sebagai contoh brand terkenal seperti Speedo memiliki pakaian beachwear dengan proses pengeringan yang sangat cepat, 
jangan menggunakan celana jeans. Jangan lupa untuk memakai sunblock!  

Dan jangan lupa untuk berdoa sebelum pengarungan dimulai.

1 komentar:

Apabila ada pertanyaan silahkan menghubungi kami, kami akan selalu menjawab setiap pertanyaan.